Langsung ke konten utama

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Multimedia

Hardware

Perangkat keras atau hardware merupakan bagian fisikal dari sebuah komputer, seperti CPU, monitor, mouse, keyboard, HDD, SSD, graphics card, sound card, speaker dan motherboard.

Contoh hardware dalam bidang multimedia antara lain:

1. Graphics Card / VGA 



VGA adalah perangkat komputer yang berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. 

2. Sound Card



Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

Sound card, juga sering disebut audio card, adalah periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis. Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari speaker).

Software

Perangkat lunak digunakan untuk membuat elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara, video dan animasi. Software merupakan set instruksi-instruksi yang dapat disimpan dan dijalankan pada hardware. 

Contoh sofware adalah:

1. Video Streaming



Pengertian Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru di tanah air (Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telepon seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan di mana-mana, hingga kepelosok tanah air.

Video streaming adalah istilah yang sering gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.

2. VoIP



Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

3. MPEG-2 & MPEG-4



MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.

MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wafer Fabrication ~ Pengertian, Tahap per-Tahap [Fabrikasi Semikonduktor IC]

Definisi Fabrikasi semikonduktor merupakan proses yang digunakan untuk menciptakan chip (sirkuit terpadu) yang ada pada alat elektronik sehari-hari. Proses fabrikasi IC Wafer Fabrication 1. Pencucian wafer (Cleaning) 2. Oksidasi 3. Photolithography 4. Ion Implantation 5. Etching 1. PENCUCIAN WAFER (CLEANING) Proses ini digunakan untuk menghilangkan kontaminasi, Sebelum melakukan pemrosesan atau antar pemrosesan wafer harus dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan bahan kimia dan air yang bebas ion (deionized water -DIH2O). Tahap pencucian wafer diantaranya menghilangkan senyawa organik, menghilangkan senyawa anorganik dan menghilangkan oksida tipis yang tidak diinginkan. 2. OKSIDASI Salah satu alasan mengapa silikon paling banyak dipilih sebagain bahan semikonduktor adalah karena silikon menawarkan berbagai kemudahan, antara lain kemudahan untuk membentuk lapisan insulator berkualitas tinggi di atas permukaannya melalui proses oksidasi. Oksidasi adalah proses pembentukan lapisan Sio2

"Die" pada semikonduktor IC, Pengertian dan Proses Manufakturnya

Pengertian " Die " dalam konteks sirkuit terintegrasi (IC), adalah blok kecil bahan semikonduktor tempat rangkaian fungsional tertentu dibuat. Biasanya, sirkuit terintegrasi diproduksi dalam batch besar pada satu wafer Elcetronic Grade Silicon (EGS) atau semikonduktor lainnya (seperti GaAs atau Galium Arsenide ) melalui proses seperti Pholitography . Wafer dipotong (dipotong dadu) menjadi banyak bagian, masing-masing berisi satu salinan rangkaian. Masing-masing bagian ini disebut dadu (Die) Gambar Die pada IC Proses Manufaktur Kebanyakan cetakan terdiri dari silikon dan digunakan untuk sirkuit terintegrasi. Prosesnya dimulai dengan produksi ingot silikon monokristalin. Batang-batang/ingot ini kemudian diiris menjadi cakram dengan diameter hingga 300mm. Wafer ini kemudian dipoles menjadi cermin sebelum melalui  Pholitography . Dalam banyak langkah transistor diproduksi dan dihubungkan dengan lapisan interkoneksi logam. Wafer yang sudah disiapkan ini kemudian menjalani penguji

Teslaquila, Elon Musk menjadikan Leluconnya jadi kenyataan.

Teslaquila , Lelucon April Mop Elon Musk yang akan Jadi Nyata! Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri sekaligus CEO Tesla Elon Musk pernah melontarkan lelucon April Mop yang sempat menggemparkan dunia. Saat itu, dia menyebut Tesla akan bangkrut. Musk juga bercanda seraya menyebut bahwa dia telah ditemukan pingsan 'melawan' Tesla Model 3 serta dikelilingi oleh botol 'Teslaquila'. Saham Tesla lantas jatuh pada perdagangan hari berikutnya dan ditutup melemah 5,1% pada 2 April. Kini, sesuatu yang saat itu dimulai sebagai lelucon April Mop, juga meninggalkan kesan yang buruk bagi investor Tesla Inc, sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Seperti dilansir Fortune, Ahad (14/10/2018), Tesla mengajukan pendaftaran merek dagang pada 8 Oktober untuk Teslaquila. Pendaftaran itu dalam kategori 'based on intent to use' yang berarti Tesla belum menyiapkan produknya. Demi mendapat merek dagang, Tesla harus benar-benar membuat produk tersebut. Pada Jumat lalu, Musk melalu