Pengertian
Multimedia adalah bentuk komunikasi yang menggabungkan berbagai bentuk konten seperti teks, audio, gambar, animasi, atau video ke dalam satu presentasi interaktif. Multimedia dapat ditemukan pada, iklan, seni, pendidikan, hiburan, teknik, kedokteran, matematika, bisnis dll.
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai tujuan mulai dari seni rupa, hiburan, seni komersial, jurnalisme, hingga layanan media dan perangkat lunak yang tersedia.
Penggunaan komersial
Sebagian besar media elektronik lama dan baru yang digunakan oleh perusahaan produksi dan desainer grafis adalah multimedia. Perusahaan periklanan sangat bergantung pada antarmuka sosial dan televisi untuk mempromosikan produk. Dengan menggunakan platform ini, mereka dapat mengekspresikan pesan mereka atau membujuk audiens yang ditargetkan. Bisnis ke bisnis, dan komunikasi antar kantor sering dikembangkan oleh perusahaan jasa kreatif untuk presentasi multimedia tingkat lanjut di luar peragaan slide sederhana untuk menjual ide atau menghidupkan pelatihan. Pengembang multimedia komersial dapat disewa untuk merancang layanan pemerintah dan aplikasi layanan nirlaba juga.
Dalam pendidikan,
Multimedia digunakan untuk menghasilkan kursus pelatihan berbasis komputer (populer disebut CBT) dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanak. CBT memungkinkan pengguna melalui serangkaian presentasi, teks tentang topik tertentu, dan ilustrasi terkait dalam berbagai format informasi.
Teori pembelajaran dalam dekade terakhir telah berkembang secara dramatis karena pengenalan multimedia. Beberapa jalur penelitian telah berkembang.
Dari teori pembelajaran multimedia (MML), David Roberts telah mengembangkan praktik kuliah kelompok besar menggunakan PowerPoint dan berdasarkan penggunaan gambar slide penuh dalam hubungannya dengan pengurangan teks yang terlihat (semua teks dapat ditempatkan di bagian tampilan catatan dari PowerPoint). Gagasan konvergensi media juga menjadi faktor utama dalam pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Didefinisikan sebagai teknologi terpisah seperti suara (dan fitur telepon), data (dan aplikasi produktivitas), dan video yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi satu sama lain, konvergensi media dengan cepat mengubah kurikulum di universitas di seluruh dunia. Perguruan tinggi telah menerapkan penggunaan aplikasi media sosial seperti Twitter, YouTube, Facebook, dll untuk meningkatkan kolaborasi mahasiswa dan mengembangkan proses baru dalam bagaimana informasi dapat disampaikan kepada mahasiswa.Multimedia memberi siswa sarana alternatif untuk memperoleh pengetahuan yang dirancang untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran melalui berbagai media dan platform
Dalam engineering,
Software Engineer atau Insinyur perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam simulasi komputer untuk segala hal mulai dari hiburan hingga pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering dilakukan sebagai kolaborasi antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak. Multimedia membantu memperluas praktik pengajaran yang dapat ditemukan dalam teknik untuk memungkinkan metode yang lebih inovatif tidak hanya untuk mendidik insinyur masa depan, tetapi untuk membantu mengembangkan ruang lingkup pemahaman tentang di mana multimedia dapat digunakan dalam karir insinyur khusus seperti insinyur perangkat lunak.
Multimedia juga memungkinkan produsen mobil besar, untuk memperluas desain, dan standar keselamatan mobil mereka. Dengan menggunakan mesin permainan dan kacamata VR, perusahaan-perusahaan tersebut dapat menguji fitur keselamatan, dan desain mobil, bahkan sebelum prototipe dibuat. Membangun mobil secara virtual mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi kendaraan baru, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menguji desain, dan memungkinkan para desainer untuk membuat perubahan secara real time. Ini juga mengurangi biaya, karena dengan mobil virtual membuat prototipe dunia nyata tidak lagi diperlukan.
Komentar
Posting Komentar